Kenali Penyebab Sperma Encer dan Cara Mengatasinya

Saat pria berada pada puncak orgasme, saat itulah ejakulasi akan terjadi. Kondisi itu ditandai dengan keluarnya air mani atau cairan sperma melalui penis. Secara normal, satu tetes air mani memiliki jutaan sel sperma yang dibawa. Hal itu ditandai dengan teksturnya yang lengket dan kental seperti ingus. Namun, ada beberapa kasus yang menjadi penyebab sperma encer.

Sperma yang encer biasanya akan terlihat jernih dan kurang kental jika dibandingkan cairan sperma normal. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal atau faktor tertentu. Sehingga, sering menjadi kekhawatiran bagi para pria yang mengalaminya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa saja yang menyebabkan cairan sperma menjadi encer dan tidak normal.penyebab sperma encer pada pria

Penyebab Sperma Encer

Sperma yang encer dapat mengganggu pikiran saat sedang melakukan aktivitas seksual pada pria. Tak jarang, kondisi ini membuat pria menjadi stress dan selalu kepikiran. Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab sperma encer dan dapat Anda kenali lebih lanjut :

  1. Terlalu Sering Ejakulasi

Hal paling umum yang menyebabkan sperma menjadi encer adalah terlalu seringnya ejakulasi. Banyak pria merasa kurang cukup dengan jumlah spermanya dalam satu kali ejakulasi. Sehingga membutuhkan beberapa kali ejakulasi untuk satu kali hubungan seksual. Hal ini lama-kelamaan dapat menyebabkan tampilan sperma menjadi lebih jernih dan encer.

Untuk itu, atur frekuensi ejakulasi Anda dalam sehari saat berhubungan seks atau masturbasi. Kedua testis Anda memerlukan waktu sekitar 70 hari untuk mematangkan sperma Anda. Menjaga agar ejakulasi tidak terlalu sering dapat berpengaruh pada produksi sperma untuk tetap sehat dan normal.

  1. Oligospermia

Kondisi ini terjadi ketika sel sperma yang dihasilkan oleh pria kurang dari 15 juta dalam 1 ml air mani. Kondisi ini bisa disebabkan karena varikokel, gangguan hormon, infeksi atau bahkan tumor. Untuk memastikannya, periksakan diri Anda ke dokter untuk selanjutnya dilakukan observasi.

  1. Kekurangan Fruktosa

Kadar fruktosa yang sedikit biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur dan sembarangan. Hal lain yang juga bisa mengakibatkan hal ini adalah olahraga yang terlalu keras dan akhirnya berpengaruh pada kondisi sperma yang jernih dan encer. Mulailah untuk menjaga pola makan Anda lebih teratur dan berolahragalah dengan porsi yang tepat.

  1. Kekurangan Mineral Zinc (Seng)

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pria dengan kandung zinc atau seng yang terpenuhi dalam tubuhnya, cenderung menghasilkan sperma yang sehat dan normal. Oleh karena itu, selalu menjaga kadar seng dalam tubuh penting untuk dilakukan. Anda bisa mengonsumsi daging merah, bayam atau kacang-kacangan untuk memenuhinya.

  1. Pre-ejakulasi

Jika Anda mendapati cairan sperma encer dan jernih yang keluar sebelum berhubungan seksual, itu adalah wajar. Karena cairan tersebut bekerja sebagai pelumas saat hubungan intim dilakukan.

  1. Ejakulasi di Dalam

Kondisi ini juga disebut retrogade ejaculation dimana ejakulasi yang terjadi tidak dikeluarkan namun justru masuk ke kantung kemih. Anda tetap bisa merasakan orgasme, tetapi cairan yang dikeluarkan sangat sedikit dan encer. Bahkan di beberapa kondisi cairan sperma tidak keluar. Oleh karena itu, periksakan diri ke dokter untuk mencegah kemandulan.

Banyak pria hanya berfokus pada cara memperbesar penis semata untuk membangun hubungan seks yang harmonis dengan pasangannya. Namun, beberapa penyebab sperma encer bisa saja terjadi dan cenderung menganggu pada pria jika kondisi-kondisi tertentu tidak diperhatikan.